when a SIMPLE PATH becomes an IMPORTANT ONE...
Yv's Territory: Proses Bisnis ...

Tuesday, October 30, 2012

Proses Bisnis ...

Hi there ♥
Pada post kali ini saya akan menuliskan refleksi mengenai "Proses Bisnis" ,yang biasa dikenal dengan bahasa keren nya > Business Process XD
Setelah mengikuti perkuliahan mengenai materi ini (2 pertemuan), yang saya pahami dan saya tangkap ialah Proses Bisnis itu terdiri dari tindakan/aktivitas yang terstruktur yang mempunyai bentuk urutan (input - output nya jelas), di mana tindakan/aktivitas itu saling berkaitan dan dimulai dari respon terhadap sebuah event.
Event yang dimaksud adalah kejadian yang menjadi pemicu terjadinya respon / aktivitas lain.
Sebagai contoh ,kalau mahasiswa tidak mengambil KRS ,maka tidak mungkin terjadi kegiatan pembayaran.
Kegiatan pembayaran disini adalah respon dari kegiatan pengambilan KRS yang dilakukan oleh mahasiswa.

Suatu proses bisnis harus  :
- Ada tujuan
- Ada input
- Ada output
- Ada sumber daya
- Ada beberapa aktivitas yang mengikuti urutan (aktivitas nya terurut)
- Melibatkan satu/lebih organizational unit (unit dalam organisasi)
- Ada value/nilai untuk customer (internal maupun eksternal)

Suatu bisnis harus mempunyai tujuan yang jelas, agar input dan outputnya pun bisa jelas.
Ada pun yang dimaksud dengan sumber daya disini ada bermacam-macam, contohnya saja, sumber daya yang pasti ada dalam setiap bisnis itu adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

Aktivitas yang terurut , saya memahami bagian ini kurang lebihnya seperti ini: dalam suatu proses bisnis, kegiatan/aktivitas nya harus terurut (ada urutan nya masing-masing), sebagai contoh (menggunakan contoh yang tadi saja ya). Seorang mahasiswa harus mengambil KRS dulu ,baru melakukan pengisian, dan mengambil slip pembayaran.
Di sini sudah terlihat urutan yang dimaksudkan. Karena, mahasiswa tidak dapat langsung mengambil slip pembayaran, kalau belum melakukan kegiatan/tindakan sebelumnya.

Adapun mengenai melibatkan satu / lebih organizational unit (melibatkan 1 / lebih unit), hal ini cukup mudah untuk saya pahami. Karena suatu kegiatan proses bisnis, biasanya pasti akan melibatkan lebih dari 1 unit.
Misalnya , yang persoalan KRS tadi, akan melibatkan Mahasiswa, BAAK, Admin Keuangan, dst.

Sedangkan mengenai value/nilai itu sudah jelas, setiap proses bisnis pasti akan mempunyai suatu nilai(manfaat) baik bagi lingkungan internal(organisasinya) maupun eksternal (pelanggan,user,dll)

Seputar proses bisnis ini, kami diberikan tugas untuk membagi diri kami masing-masing(anggota kelompok) ke dalam divisi-divisi yang kami rasa perlu ada dalam Bisnis Perentalan Mobil. Dari sana, kami diminta untuk memikirkan/menganalisa kira-kira proses bisnis seperti apa yang kami inginkan. Kami sebagai owner, yang langsung menentukan aktivitas-aktivitas apa saja yang kami rasa perlu.
Yang saya ingin ketahui lebih lanjut, bagaimana menuangkan hal yang telah kami kerjakan itu ke dalam flowchart yang benar (kebetulan ada tugas kami juga mengenai ini), dan saya bersama teman-teman dalam kelompok saya akan berusaha memikirkan seperti apa flowchartnya.
Mudah-mudahan saja, hasil pemikiran kami nanti sesuai dengan yang seharusnya. XD

Kira-kira itu saja ya. Thanks for reading.



♥ miss.yv

No comments:

Post a Comment