when a SIMPLE PATH becomes an IMPORTANT ONE...
Yv's Territory: Analisis Sistem

Wednesday, October 3, 2012

Analisis Sistem

Hi readers ♥ ♥
Topik yang akan saya bahas sekarang ini , yaitu tentang Analisis Sistem.
Analisis Sistem ini berkaitan dengan mata kuliah saya , A-S-I, yang diajarkan oleh dosen saya, Pak Sofyan.
Yah, pasti nya kalau kita ingin mempelajari suatu mata kuliah, kita pasti ingin mengetahui apa sih mata kuliah itu sendiri?
Kalau arti dari nama mata kuliah itu aja gak tau, gimana mau serius bahas "dalam-dalam" nya? :P

Okay, langsung saja ya. Pembahasan kelas kami tentang mata kuliah ini sejauh ini, baru 2 pertemuan. Kedua pertemuan ini digunakan untuk memberikan pengertian kepada kami mengenai "Seperti apa sih sebenarnya ANALISIS SISTEM itu ?"
Sebelum memasuki pengertian dari Analisis Sistem, Sistem itu sendiri merupakan 
"Suatu kesatuan elemen/komponen yang berbeda-beda ,yang mempunyai fungsinya masing-masing dan dibentuk untuk suatu tujuan tertentu."  
Nah, sedangkan ANALISIS SISTEM itu, namanya saja ANALISIS ,maka tentu saja itu ada hubungan nya dengan :
"Bagaimana kita menganalisis suatu sistem dan membagi nya menjadi sub-sub sistem menurut fungsinya masing-masing."
Untuk  mempermudah kami, maka Pak Sofyan mengajarkan kepada kami untuk mencari inti masalah nya terlebih dahulu, dan lalu masalah tersebut dibagi menjadi beberapa sub-sub masalah, sehingga mempermudah kita dalam penyelesaian nya. Bagian dimana kita membagi masalah tersebut menjadi beberapa sub masalah tak lain dan tak bukan merupakan bagian Analisis Sistem. Sama saja bukan? dengan pengertian tentang analisis sistem yang telah saya simpulkan di atas? :D .
Ok. Setelah dianalisis, kita akan mencari solusi dari masing-masing sub masalah tersebut. Ini dinamakan Proses Sintesa. Nah, setelah selesai dengan itu, maka kita akan mencari satu solusi yang merupakan solusi keseluruhan dari masalah itu, yang dinamakan Solusi Akhir.

Oh ya, kami pun dibagi ke dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diberikan satu sistem untuk dianalisis. Kelompok saya mendapatkan Pembuatan Roti.
Setelah kami berdiskusi, dan mencari referensi mengenai pembuatan roti sana sini, maka saat itu kami menganalisis sitem nya seperti ini :
Draft Analisis Sistem Pembuatan Roti

 

Itu dia draft kasar dari Analisis Sistem kami waktu itu. Tapi, tentu saja bukan itu yang kami kumpulkan sewaktu pertemuan di kelas. 
Kami mengerjakan nya dengan lebih rapi di kertas flip chart, yang berukuran cukup besar sehingga tidak dapat saya scan untuk masukkan gambar nya dalam tulisan ini ,hihihi XD

Meskipun begitu, hasil analisis kami masih mempunyai kekurangan, yaitu dalam hal penggambaran bagan, karna apabila kami menggambar seperti di atas, maka alat-alat dan bahan yang ada dinilai tidak setara.
Maka dari itu, kami pun belajar untuk lebih teliti dan jeli lagi di waktu berikutnya.

Saya rasa itu dulu yaaa. C yaa in the next post :D



♥miss.yv
 

No comments:

Post a Comment