when a SIMPLE PATH becomes an IMPORTANT ONE...
Yv's Territory: Bermain Sambil Belajar

Friday, October 5, 2012

Bermain Sambil Belajar

Hi there

Hari ini ,saya akan bercerita tentang pengalaman dalam perkuliahan Rekayasa Perangkat Lunak.
Ini berbeda dengan tulisan saya sebelumnya ,yang merupakan refleksi dari perkuliahan Analisis Sistem Informasi.
Pertemuan hari ini, merupakan pertemuan kedua kami untuk mata kuliah ini, yang berarti ini adalah pertemuan pertama di mana kami mulai belajar mengenai RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) itu sendiri. (berhubung minggu lalu kami hanya perkenalan saja).
"Apa itu Software?", ujar dosen saya pada awal perkuliahan.
Jawaban yang pertama kali terdengar adalah, "Perangkat Lunak, Pak." Sejujurnya, saya pun saat itu bingung bagaimana harus mendeskripsikan apa itu software, karena dalam benak saya, saya sepertinya mengerti apa itu software, tetapi ketika ditanya pengertian nya, saya bingung bagaimana cara menjelaskan nya, sehingga kata perangkat lunak pun menjadi jawaban yang juga pertama kali terlintas di pikiran saya.
Sebelum perkuliahan hari ini, hal mengenai software/perangkat lunak yang 'sepertinya' saya tahu itu ternyata kurang tepat :|
Tetapi, setelah perkuliahan hari ini, cukup banyak hal mengenai software yang telah saya ketahui.
Ternyata, software itu bukan hanya program/aplikasi saja, seperti yang selama ini sebagian besar orang lain pikirkan.
"Software adalah kumpulan item / objek yang mebentuk konfigurasi yang terdiri dari :
data (inputan untuk program), program ,dan dokumen (petunjuk bagaimana program digunakan & bagaimana data disiapkan)" 
Ada berbagai macam software, di antaranya :
◘ System software (software yang melayani software yang lain) ex : proxy, antivirus,windows, etc
◘ Real time software (melakukan olah data pada waktu yang real) ex : atm, messenger, etc
◘ Business software (software untuk bisnis)
◘ Engineering/scientific software (software untuk keperluan teknis / pengukuran /science)
◘ Embedded software (software yang dimasukkan ke dalam perangkat keras) ex: software pada jam, ac, etc
◘ PC software (software untuk keperluan PC) ex: MS Office, WMP, etc
◘ AI software (software yang digunakan untuk memprediksi)
◘ Web application (berbasis web) ex: klikbca, etc.

Tetapi, pokok bahasan kami untuk mata kuliah RPL yang sebenarnya adalah, mengenai Software Proses !
Saya sempat kaget lagi, karena mengira pembahasan kami hari ini hanya tentang software dan pengertian nya saja.٩(̃-̮̮̃-)۶
"Software Proses itu sendiri adalah bagaimana kita sebagai software development mengkomunikasikan rancangan dan user mengkomunikasikan keinginan."

Nah, dalam software proses itu , masalah-masalah / permasalahan nya adalah sbb :
Harus ada pengukuran (engineering) sebelum pembuatan software (mengukur kebutuhan software)
❧ Dibuat untuk jangka waktu yang panjang ,akan tetapi,
❧ Software sama dengan pabrik yang menua, yang berarti akan tiba masanya di mana software tidak
sesuai lagi (out of date)
❧ Software itu kompleks, banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk membangun/mendesign software
❧ Software merupakan "differentiator" (pembeda). Keunggulan-keunggulan di software menjadi ciri dari pebisnis (nilai unggul nya).

Perlu juga diketahui, kalau seharusnya semakin berjalan nya waktu, software itu makin stabil. Tapi, kalau software terus diubah, akhirnya tingkat kegagalan akan semakin besar. Hal ini bisa saja disebabkan oleh si pemesan yang telah bosan dengan perubahan yang terus terjadi.
Oleh karena itu, ketika kita akan merancang / membuat sebuah software, kita perlu membuat software yang dapat digunakan untuk jangka panjang, tetapi bisa menerima perbaikan (upgrade).

Uniknya, pada perkuliahan hari ini, kami diberi sebuah permainan yang membuat kami secara tidak langsung telah mempraktekkan kira-kira seperti apa Development as Conversation itu.
Sebelumnya, kami diberikan kertas oleh dosen , yang berisi 2 material utama yang harus kami pikirkan untuk digunakan dalam pembuatan sebuah objek. Masing-masing individu dalam kelas harus merahasiakan kedua material utamanya, dan objek yang dirancang. Kami juga harus menuliskan tujuan dari objek tersebut dibuat.
Setelah itu, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok ,di mana setiap kelompok terdiri dari 2 / 3 orang. Masing-masing kelompok, akan bertukar tujuan dan saling menebak (dengan cara memberi pertanyaan) tentang 2 material utama, dan objek yang dibuat oleh pasangan (teman kelompok) nya.
Kami disuruh menuliskan semua pertanyaan dari si penanya, yang hanya boleh dijawab Ya dan Tidak. Kami diberikan waktu 20 menit untuk menebak nya.
Respon dari orang yang sedang kami tanyai ada berbagai macam, mulai dari yang berteriak sambil menyerukan kata Tidak, hingga yang menjawab Ya dengan bahagia karena objek beserta kedua material utama nya berhasil dengan mudah ditebak oleh teman kelompok.
Di akhir permainan, dosen memberitahu maksud dari permainan tersebut kepada kami. Bagaimana kami sedang diajar tentang cara berkomunikasi dengan orang lain. (Development as Conversation, Software Proses)
Perihal berkomunikasi ini sangat penting dalam langkah awal untuk membuat sebuah software. Langkah-langkah lengkap nya dapat kita lihat pada gambar berikut :


Linier Sequential Model
(Waterfall Model)


Mengenai Waterfall Model dan model-model yang lain akan saya lanjutkan di post berikutnya.
Stay tune ♥ ♥




♥ miss.yv

No comments:

Post a Comment