when a SIMPLE PATH becomes an IMPORTANT ONE...
Yv's Territory: Refleksi ASI ....

Wednesday, January 9, 2013

Refleksi ASI ....

Tak terasa matakuliah ASI alias Analisis Sistem Informasi telah berakhir, yang juga menandakan 1 semester lagi telah terlewati. Setelah perkuliahan ASI ini selesai, saya merasakan banyak manfaat yang saya dapatkan, di antaranya, saya telah cukup memahami tentang bagaimana cara analisis yang baik sebelum membuat sebuah sistem.
Metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen saya sangat menarik untuk saya. Berbeda dengan sebagian besar dosen lainnya, yang jujur saja, ketika membawakan teori malah terasa membosankan, dan tanpa bentuk praktek yang nyata.
Setiap perkuliahan, selalu diisi dengan penjelasan singkat mengenai itu, dan langsung diselingi dengan praktek-praktek yang semakin membuka wawasan.
Yang saya sukai, ketika selesai mengerjakan hasil praktek tersebut, kami mendapatkan penjelasan lagi lebih lanjut, sehingga kami dapat mengetahui dengan jelas, yang mana yang salah dari hasil 'uji coba' kami berdasarkan teori pengantar yang diberikan. Jadi, kami bukan dibiarkan mengandai-andai dan beranggapan kalau perkerjaan kami itu benar.
Di antara semua bahan pembelajaran, yang palingggg saya rasakan manfaat dari perkuliahan ini, adalah mengenai materi ERD (Entitiy Relationship Diagram), FP (Function Partitioning), dan DFD (Data Flow Diagram).
Sebelum perkuliahan ini, saya sangaatt bingung, bagaimana cara nya membuat sebuah DFD. Ada seorang dosen saya, yang sempat menyinggung masalah ini, tapi penjelasan yang dia berikan tidaklah jelas sama sekali bagi saya. Saya mencoba mencari di internet dan berusaha mengerti, hanya saja begituu banyak variasi yang membuat saya bertanya-tanya ,sebenarnya pola dasar dari pembuatan DFD itu seperti apaaa?
Dan sungguh, pertanyaan saya terjawab setelah mengikuti perkuliahan ASI ini, saya diajar step by step bagaimana cara membuat sebuah DFD, sehingga membuat DFD tidak susah lagi.
Selain itu, masih banyak lagi hal bermanfaat yang saya dapatkan sepanjang perkuliahan ini berlangsung, mulai dari canda, tawa, hingga pelajaran-pelajaran berharga di dalamnya.
Salah satunya, ada pula tentang pembuatan entitas dalam ERD (sebelum membuat DFD), yang ternyata ada 3 bagian, yaitu physical - logical - view.
Selama ini, saya sering terkecoh dengan hampir menjadikan 'view' (yang adalah output dr logical), menjadi sebuah entitas.Ternyata, entitas,relasi,atribut dsb merupakan bagian dari logical.
Ini benar-benar salah satu pelajaran berharga tadi.
Saya berharap ke depan nya, bisa bertemu dan belajar bersama dengan Pak Sofyan lagi, (doa kita sama kok, Pak :p)
Saya pun berterima kasih untuk waktu perkuliahan yang sudah saya lalui untuk matakuliah ini, waktu-waktu yang sangat bermanfaat dan tentu saja palajaran yang tak kalah manfaatnya.

Sekian refleksi saya.
Thanks for read ♥ ♥


miss.yv ♥

No comments:

Post a Comment